BI : Aliran Pasokan Pedagang di Kota Medan Relatif Stabil -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

BI : Aliran Pasokan Pedagang di Kota Medan Relatif Stabil

Tuesday, August 24, 2021

Foto : Kepala KPw BI, Soekowardojo saat Bincang Bincang Media (BBM) melalui zoom meeting, Selasa siang (24/8).


Kopi Times | Medan :

Tingkat harga pangan di Kota Medan masih dalam batas yang wajar, hasil survey Bank Indonesia menunjukan aliran pasokan pada pedagang besar masih relatif stabil



"Secara umum tingkat harga pangan masih berada dalam batas yang wajar. Stabilitas harga ini juga diperkuat dengan hasil survey aliran pasokan Bank Indonesia yang menunjukan aliran pasokan pada pedagang besar di Kota Medan masih relatif stabil serta kecukupan stock di gudang bulog untuk komoditas beras, minyak goreng, dan gula pasir." papar Kepala KPw BI, Soekowardojo saat Bincang Bincang Media (BBM) melalui zoom meeting, Selasa siang (24/8).



Penurunan harga terjadi pada beberapa komoditas pangan strategis pada 23 Agustus 2021. Harga Aneka Cabai dan Bawang Merah terpantau menurun. Pasokan yang masuk dari luar daerah yaitu Aceh dan Jawa menjadi penyebab turunnya harga tiga komoditas tersebut. Sementara harga ketujuh pangan strategis lainnya terpantau stabil.



Selain itu peningkatan produksi disentra kabupaten Deli Serdang dan penurunan permintaan dari sektor horeka ( hotel, restoran dan kafe) juga turut mendorong depresi harga daging ayam lebih rendah.



Peningkatan laju inflasi terutama disebabkan oleh apresiasi harga aneka cabai dipengaruhi telah berakhirnya panen raya di sentra produksi di dalam provinsi (Kabupaten Batu Bara) dan provinsi sekitar (Provinsi Aceh) di tengah distribusi pasokan yang sedikit terhambat menyusul PPKM level 4 di Kota Medan. Disisi lain harga ayam ras mengalami normalisasi (penurunan), setelah sebelumnya naik akibat tingginya harga pakan.



Dipaparkan juga, pertumbuhan ekonomi Sumut mengalami fase bounce back ditriwulan II 2021 didukung faktor base effect dan perkembangan indikator terkini. Pengeluaran eksport sebagai sumber pertumbuhan ekonomi didorong oleh aksekerasi index PMI Global.



Dari sisi pengeluaran ekspor tercatat sebagai sumber pertumbuhan ekonomi di dorong oleh aksekerasi index PMI Global, pertumbuhan ekonomi negara mitra dagang, serta kenaikan harga komoditas makanan dan CPO di pasar Internasional. Dan dari sisi lapangan usaha, seluruh komponen utama mengalami perubahan dengan pertumbuhan tertinggi berasal dari LU perdagangan  yang dipengaruhi oleh HBKN Idul Fitri, LU pertanian juga mengalami peningkatan di tengah melimpahnya produksi perkebunan yang diiringi dengan kenaikan harga komoditas.



Gabungan 5 kota IHK di Sumatera Utara meningkat dari periode sebelumnya. Secara bulanan gabungan 5 kota IHK di Sumatera Utara pada Juni tercatat inflasi 0,29 % (mtm), meningkat dari periode sebelumnya 0,03 % (mtm). Realisasi ini lebih tinggi dibanding inflasi nasional sebesar 0,08% (mtm) atau Sumatera  0,5% (mtm), sebut Soekowardojo. (Red/ Hery B Manalu)