Panitia Acara Peluncuran Buku Jokowi Maestro Audensi Kepada Doli Sinumba Siregar -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Panitia Acara Peluncuran Buku Jokowi Maestro Audensi Kepada Doli Sinumba Siregar

Sunday, February 27, 2022

Foto Bersama Panitia Acara Peluncuran Buku Jokowi Maestro, Penyampaian Testimoni Capaian Keberhasilan Pembangunan Ekonomi dan Deklarasi Pengusulan Nama Presiden Jokowi Sebagai Nominator Penerima Penghargaan Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2022 melakukan audiensi kepada Bapak Doli Sinumba Siregar /Kopitimes/Hery B Manalu


Kopi Times | Medan :

Panitia Acara Peluncuran Buku Jokowi Maestro, Penyampaian Testimoni Capaian Keberhasilan Pembangunan Ekonomi dan Deklarasi Pengusulan Nama Presiden Jokowi Sebagai Nominator Penerima Penghargaan Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2022 melakukan audiensi kepada Bapak Doli Sinumba Siregar pada hari Senin, 28 Februari 2022 Pukul 11.00 WIB s/d 12.00 WIB, di Hotel Dhaksina Medan. 


Adapun tim audiensi panitia yang hadir pada acara audiensi tersebut adalah : Yonge Sihombing, S.E., M.B.A (Ketua Panitia dan Penulis Buku Jokowi Maestro); Michael T. Huber, S.H (Sekretaris); Andriana Pandjaitan, A.Md (Bendahara); Luhut Hamonangan Marbun, B.A., (Anggota Panitia); Barita Esman Dabukke, M.Psi (Anggota Panitia); Rider Tampubolon, ST., (Anggota Panitia); Piter Jordan Sinaga (Anggota Panitia); dan Dra. Tiorisma Haloho (Anggota Panitia).


Adapun tujuan audiensi panitia adalah: Pertama, untuk memperkenalkan panitia kepada Bapak Doli Siumba Siregar; Kedua, untuk bersilaturahmi dan menjalin hubungan kekeluargaan dengan para Pengarah panitia; dan Ketiga, untuk menjelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan acara pelauncuran buku Jokowi Maestro, Penyampaian Testimoni Capaian Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Indonesia dan Deklarasi Pengusulan Nama Presiden Jokowi sebagai Calon Nominator Penerima Hadiah Nobel Ekonomi; Keempat, untuk menjelaskan gambaran umum pelaksanaan acara dimaksud; dan Kelima, untuk meminta saran, masukan dan arahan dari Bapak Doli Sinumba Siregar selaku Dewan Pengarah Panitia. 


Pada kesempatan pertemuan audiensi tersebut, Yonge Sihombing selaku Penulis Buku dan Ketua Panitia menjelaskan progres kemajuan persiapan pelaksanaan acara yang dijadwalkan pada hari Jumat, 22 April 2022 di Adimulia Hotel Medan.


Jumlah peserta yang diundang untuk mengikuti acara ini adalah sebanyak 21.497 orang. Peserta langsung sebanyak 252 orang, sedangkan peserta tidak langsung sebanyak 21.245 orang. Peserta langsung adalah peserta yang diundang hadir secara langsung ke tempat acara, sedangkan peserta tidak langsung adalah peserta yang diundang hadir melalui webinar.


Peserta yang diundang untuk mengikuti acara ini mengacu pada pendekatan pelaku pembangunan ekonomi, baik dari dalam negeri (Indonesia) maupun pelaku pembangunan ekonomi dari luar negeri (mancanegara). Jumlah peserta langsung dari dalam negeri sebanyak 222 orang, sedangkan jumlah peserta langsung dari luar negeri sebanyak 30 orang. Khusus untuk peserta webinar, semuanya pesertanya dari Indonesia, yaitu sebanyak 21.245 orang. 


Berikut pengelompokan peserta yang diundang pada acara ini: Pertama, Peserta/pelaku pembangunan ekonomi dari unsur pemerintah (government); Kedua, Peserta/pelaku pembangunan ekonomi dari unsur akademisi (academy); Ketiga, Peserta/pelaku pembangunan ekonomi dari unsur pengusaha/wirausaha (business); dan Keempat, Peserta/pelaku pembangunan dari unsur masyarakat/komunitas masyarakat (society).


Peserta dari pemerintah, terdiri dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah desa. Unsur pemerintah pusat terdiri dari: ketua lembaga tinggi negara, menteri kabinet Indonesia kerja, pejabat setingkat menteri. 


Sedangkan peserta dari unsur pemerintah daerah terdiri dari: Pertama, pemerintah provinsi yaitu: gubernur, ketua DPRD, kapolda, pangdam, dan kejatisu. Kedua, Peserta dari unsur pemerintah tingkat kabupaten/kota terdiri dari: bupati, walikota, ketua DPRD kabupaten/kota. Ketiga, tokoh Peserta dari unsur  pemerintah tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, seperti camat, lurah dan kepala desa.


Peserta dari akademisi, terdiri dari rektor, dekan fak. ekonomi, dosen, peneliti, penulis buku, kepala sekolah, guru, mahasiswa dan pelajar. Peserta dari pengusaha, terdiri dari CEO, Dirut BUMN, Dirut BUMD, Dirut BUMDes, Ketua Koperasi dan Pelaku Usaha Mikro. Peserta dari masyarakat/komunitas masyarakat terdiri dari Ketua Umum Parpol, Ketua Umum Asosiasi, Ketua Umum Perhimpunan Keagmaan, Ketua Umum Perhimpunan Profesi, Pemred Media TV dan Koran, Tokoh Masyarakat Sumatera Utara,  Mentor Penulis dan lainnya.


*Yonge Sihombing menjelaskan tentang gambaran umum tertib acara pelakanaan:*

Pertama: mata acara peluncuran buku 'Jokowi Maestro' diisi dengan: (1) Pemutaran Video Cuplikan Rekam Isi Buku "Jokowi Maestro" (Rekam Jejak, Capaian Pembangunan Ekonomi, dan Kepemimpinan Presiden Jokowi Yang Efektif); (2) Sambutan Ketua Panitia, Walikota Kota Medan,  Gubernur Sumatera Utara, Dirut Penerbit CV. Global Aksara Pres; (3) Sambutan Penulis dan Penyerahan Buku kepada Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi); (4) Sambutan Presiden RI: Bapak Ir. H. Joko Widodo; (5) Testimoni Presiden Bank Dunia (World Bank), Direktur Jenderal UNESCO, Ketua World Health Organization (WHO), Ketua Komite Nobel, Ketua Umum PDI Perjuangan, Penerima Penghargaan Hadiah Nobel Ekonomi (Nobel Prize) Tahun 2019, Rektor Univ. Indonesia (UI), Penulis Buku “The Genius of Jokowi", Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), CEO Microsoft,  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, dan terakhir Sekretaris Jenderal Association Southeast Asian Nations (ASEAN).


Kedua; Deklarsi Pengusulan Nama Presiden Jokowi sebagai Calon Nominator Penerima Nobel Ekonomi Tahun 2022, dimulai dari: (1) Pemaparan Kompetisi Nobel Ekonomi: Anggota Economic Sciences Prize Committee Tahun 2022 (Peter Fredrikson) dan Joseph E. Stiglitz: Penulis Buku "Globalization and Its Discontents"; (2)  Deklarasi, Pembacaan Butir2 Deklarasi dan Penandatangan Naskah Pengusulan Nama Presiden Jokowi sebagai Calon Nominator Penerima Penghargaan Hadiah Nobel Ekonomi; (3) Penyerahan Dokumen Pengusulan Nama Presiden Jokowi sebagai Calon Nominator Penerima Nobel Ekonomi Tahun 2022 kepada Komite Nobel, Duta Besar Norwegia dan Konsulat Jenderal Norwegia; (4) Press Conference Penulis Buku dan Panitia.


*Yonge menjelaskan tentang progres persiapan yang telah dilakukan:*

(1) Buku 'Jokowi Maestro' telah terbit dan dicetak, sehingga telah siap utk diluncurkan dan dibagikan kepada seluruh peserta langsung (peserta yang diundang hadir ke tempat acara)


2. Buku Daftar Peserta telah tersusun rapi dan telah dicetak. Buku daftar peserta yang dicetak terdiri dari: Pertama, Buku Daftar Peserta Langsung; Kedua, Buku Daftar Peserta Tidak Langsung (Peserta Webinar); dan Ketiga, Buku Daftar Peserta Langsung dan Tidak Langsung.


3. Buku Daftar Nama Testimoner (Institusi/Individu) yang akan menyampaikan testimoni telah tersusun rapi dan telah dicetak.


4. Buku Daftar Nama Deklarator dan Butir-Butir Deklarasi telah tersusun rapi dan telah dicetak.


5. Sertifikat telah tersusun rapi dan telah siap untuk dicetak dan ditanda tangani oleh Instansi/Individu yg dimintakan untuk menandatangani sertifikat.


6. Perlengkapan dan Peralatan Panitia dan Acara telah tersusun rapi, sudah di desain, dan telah siap untuk di cetak.


7. Kantor sekretariat panitia telah tersedia dan sudah difungsikan.


8. Naskah dan Surat Undangan telah tersusun rapi dan telah dicetak dan telah dikirim pdf nya kepada peserta sesuai dengan apa yang tertera pada Daftar Peserta.


9. Sosialisasi sudah dilaksanakan, dan akan terus dilaksanakan.


10. Buku Daftar Audiensi Penulis dan Panitia telah tersusun rapi dan telah dicetak.


11. Buku Daftar Mitra Kerja Panitia telah tersusun rapi dan telah dicetak. 


12. Buku Daftar Rapat Panitia telah tersusun rapi dan telah dicetak.


13. Dan lainnya telah tersusun rapi dan telah siap untuk dicetak.


14. Dari hasil monitoring dan evaluasi panitia, maka progess persiapan menuju puncak acara pada hari Jumat, 22 April 2022 telah rampung 65 persen.


15. Tempat pelaksanaan acara di Adimulia Hotel Medan telah dipesan untuk hari pelaksanaan.


Kepada Media Pers, Yonge mengatakan bahwa acara ini dilakukan dengan hati, pikiran dan tujuan yang tulus. "Jadi kami semua yang berhimpun dalam kepanitiaan digerakkan oleh hati dan pikiran yang tulus untuk melaksanakan acara ini", kata Yonge. 


Doli Sinumba Siregar menyambut baik kehadiran Panitia, dan mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh panitia kepadanya untuk duduk sebagai Dewan Pengarah Panitia. 


Doli mengapresiasi rencana kegiatan peluncuran buku Jokowi Maestro, Testimoni Capaian Keberhasilan Pembangunan, dan Deklarasi Pengusulan Pemberian Hadiah Nobel Ekonomi untuk Presiden Jokowi. 


"Saya bangga, dengan inisiatif dan gagasan penulis dan panitia untuk melakukan acara ini", kata Doli. 


Kegiatan ini lanjut Doli merupakan kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat baik di Sumatera Utara dan Indonesia.


Doli menyarankan agar panitia senantiasa kompak, semangat, dan profesional dalam melaksanakan acara ini. Dan senantiasa bisa menjaga nama baik panitia. 


Diakhir audiensi, Yonge Sihombing, mengucapkan terimakasih atas kesediaan Doli Sinumba Siregar sebagai Dewan Pengarah Panitia, dan juga atas saran dan nasihat yang telah diberikan kepada kami selaku panitia. (Red/Hery B Manalu)