Rencana Demo Mahasiswa di Medan, Sepi -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Rencana Demo Mahasiswa di Medan, Sepi

Monday, April 11, 2022

foto : Situasi depan kantor DPRD Sumut, Senin 11 /4/2022/Hery Buha Manalu/Kopitimes


Kopi Times | Medan :

Rencana aksi demonstrasi ribuan mahasiswa yang dilakukan secara serentak serentak di berbagai daerah di Indonesia, hari ini Senin (11/4/2022) sepi, dipastikan akan tetap berlangsung. Namun, sepertinya aksi itu terjadi di Kota Medan. Hal itu dikatakan oleh salah seoranh aktivis yang juga merupakan Demisioner Badko HMI Sumut, Alwi Hasbi Silalahi saat dikonfirmasi,  Senin (11/4/2022). 


Kata Hasbi, hal tersebut, bukan tanpa Pertama Jokowi sudah mengumumkan terkait pemilu tetap berlanjut dan beliau juga sudah menegaskan tidak mau 3 periode. Kedua, efek pandemi, dan ketiga hegemoni mahasiwa itu kurang dibangun. Ditambah lagi daya kritis  mahasiswa semangkin menurun. 


"Ya melihat situasi yang terjadi hari ini, di Kota Medan, kalau pun mahasiswa melakukan aksi, massanya pasti sedikit," pungkasnya.


Kendati begitu, harusnya hegemoni kemahasiswaan itu dibangun lagi. Bahwa mahasiswa agen prubahan harus kritis. Terakhir, Hasbi menyarankan, jika demo dipaksakan kepada massa aksi, Hasbi meminta agar tertib dan jangan terprovokasi sampai menimbulkan chaos.


Sementara itu pantauan medanbisnisdaily.com di sejumlah titik di Kota Medan, antara lain DPRD Medan, DPRD Sumatera Utara (Sumut) Kantor Wali Kota Medan dan Merdeka Walk, sejak pagi jam 10.00 WIB tadi, belum terlihat adanya kerumunan massa. Bahkan arus lalu lintas di sekitar lokasi itu, masih lancar dan tidak ada rekayasa jalan. Meski begitu, sejumlah petugas keamanan yakni Satpol PP dan TNI tampak berjaga-jaga, terutama di DPRD Sumut.


Ketua Umum Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Medan Sintong Sinaga yang dikonfirmasi mengatakan, aksi demonstrasi kelompok Cipayung belum akan dilakukan hari ini. "Nggak sekarang Cipayung Main, tapi dalam minggu ini," jawab Sintong.


Begitu juga informasi yang disampaikan Presiden Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Rizki Fadillah. "Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USU masih akan konsolidasi akbar malam ini," kata Rizki. (Red/tim)