SInopsis Buku Jokowi Maestro -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

SInopsis Buku Jokowi Maestro

Monday, June 13, 2022

            

Yonge Sihombing berpose bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, sekaligus silaturahmi untuk menjelaskan rencana peluncuran Buku Jokowi Maestro, karya tulis Yonge Sihombing. Buku ini akan diluncurkan bersamaan dengan kedatangan Presiden Jokowi ke Medan pada bulan Juni 2022. Bapak Edy Rahmayadi berkenan berbincang-bincang terkait isi buku Jokowi Maestro, sekaligus beliau mengapresiasi penulisan dan peluncuran buku Jokowi Pertemuan berlangsung akrab pada hari Senin, 13 Juni 2022 di rumah dinas Gubsu, usai beliau sholat. /Foto : Istimewa /Kopitimes




Kopi Times - Mencermati adanya pengaruh gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yang efektif dengan capaian keberhasilan pembangunan ekonomi Indonesia, maka lahirlah sebuah inisiatif untuk menuliskan buku berjudul: JOKOWI MAESTRO PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA: Sebuah Catatan Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Indonesia Yang Digerakkan Oleh Gaya Kepemimpinan Presiden Jokowi Yang Efektif Sebuah Dasar Pemikiran Pengusulan Nama Presiden Jokowi Sebagai Calon Nominator Penerima Penghargaan Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2022. 


Buku ini ditulis berdasarkan hasil pengamatan penulis terhadap 'perjalanan‘ pembangunan ekonomi Indonesia dan gaya kepemimpinan Presiden Jokowi selama 8 tahun. Pengamatan dilakukan melalui berbagai cara, mulai dari pengamatan di media massa, media online, media sosial, referensi, laporan institusi, kampanye, kunjungan kerja dan blusukan Presiden Jokowi. 


Buku ini terdiri dari 11 Bab dan 288 halaman menguraikan tentang: Pertama, kisah perjalanan hidup Presiden Jokowi mulai dari masa kecil, masa sekolah, masa kerja, berumahtangga, menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi Presiden Republik Indonesia dan Presiden G-20 (Group Twenty) Tahun 2022. Kisah ini perlu dituliskan untuk dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat Indonesia. 


Kedua, buku ini menguraikan dan menjelaskan capaian keberhasilan pembangunan ekonomi Indonesia selama masa pemerintahan Presiden Jokowi. Capaian keberhasilan pembangunan ekonomi Indonesia ditandai dengan: (1) menurunnya jumlah kemiskinan dan pengangguran; (2) meningkatnya pemerataan pembangunan di wilayah Indonesia; (3) meningkatnya daya tarik investasi Indonesia; (4) meningkatnya daya saing ekonomi Indonesia; (5) meningkatnya kesejahteraan dan harapan hidup masyarakat Indonesia; (6) keberhasilan Indonesia dalam melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN); (7) keberhasilan Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19; (8) keberhasilan Indonesia untuk dipercayakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan G-20 tahun 2022 (Indonesia Presidensi G-20).


Terbangunnya jalan tol trans sumatera, trans Papua, trans Kalimantan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, terbangun kawasan destinasi wisata dunia, seperti halnya Kawasan Danau Toba, dan juga kawasan food estate di Indonesia seperti kawasan food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan. Selain itu distribusi aset yang dilakukan oleh Presiden Jokowi di Sumatera Utara dengan membagikan ribuan sertifikat tanah kepada masyarakat. Dan tidak hanya di Sumatera Utara, juga di daerah lain di Indonesia.


Dari keberhasilan pembangunan ekonomi Indonesia yang telah dilakukan dan ditorehkan oleh Presiden Jokowi, kemudian Penulis menamai Presiden Jokowi sebagai Sosok Maestro Pembangunan Ekonomi Indonesia. Penulis melalui bukunya, ingin memberikan sebuah tanda penghormatan dan penghargaan kepada Presiden Jokowi, yaitu dengan menamai dan menobatkan Presiden Jokowi seorang ‘Maestro’. Merujuk pada KBBI, kata 'Maestro' adalah merupakan sebutan bagi pimpinan suatu kelompok paduan suara atau musik instrumental pada zaman dahulu. Pada saat ini, sebutan maestro juga digunakan untuk menunjukkan pemimpin kelompok opera di Italia. Maestro juga merupakan sebutan kebesaran di dunia catur, musik, dan lain-lain. 


Buku ini menguraikan tentang sosok Presiden Jokowi sebagai seorang Maestro Ekonomi. Dalam arti luas Presiden Jokowi sosok maestro pembangunan ekonomi Indonesia, karena kemampuannya untuk memimpin pelaku ekonomi Indonesia, kemampuannya menggerakkan roda pembangunan ekonomi, dan kemampuannya menggerakkan pasar domestik. 


Buku ini mencatatkan jasa dan karya bhakti Presiden Jokowi, yang nantinya menjadi warisan sejarah perjalanan bangsa Indonesia dan sebagai warisan pengetahuan bagi generasi Indonesia di masa yang akan datang. Buku ini ingin menginspirasi untuk lahirnya maestro maestro baru Indonesia, sehingga Indonesia bisa tampil sebagai negara yang dihormati dan disegani oleh negara lain di dunia. 


Ketiga, buku ini mengungkapkan rahasia dibalik keberhasilan Presiden Jokowi dalam membangun ekonomi Indonesia, yaitu dengan menerapkan pendekatan Gaya Kepemimpinan Yang Efektif, yang ditandai dengan: kerendahan hati, kesederhanaan hidup, kejujuran, ketulusan, keikhlasan, kerja keras, kreatif, inovatif, mau mendengar, mau belajar, mau melihat, dan blusukan. Dan santun serta menghormati orang lain, tegar ketika dikritik, sabar dan tabah ketika dihina dan direndahkan, bahkan senantiasa terbuka merangkul dan memaafkan. Memotivasi dan menginspirasi rakyatnya, memiliki visi, misi, cita-cita yang jelas untuk kemajuan bangsanya, serta penuh optimisme untuk melakukan dan mewujudkan. Kemudian sikap penuh untuk melayani rakyatnya, menjadi teladan, sehingga dipercaya oleh rakyatnya. 


Karena itu, buku ini merupakan sebuah buku ajakan bagi para pemimpin untuk memimpin secara efektif. Buku ini menjelaskan tentang pentingnya nilai kepemimpinan yang efektif menjadi kunci keberhasilan pembangunan. Tanpa kepemimpinan yang efektif, maka sangat sulit menggapai keberhasilan pembangunan. Buku ini merupakan sebuah buku ajakan bagi warga negara Indonesia bahkan dunia untuk hidup rendah hati, sederhana, jujur dan tekun belajar dan bekerja. Buku ini merupakan sebuah buku motivasi untuk masyarakat dan bangsa Indonesia. 


Keempat, buku ini dijadikan oleh Penulis sebagai dasar dan alasan untuk mengusulkan nama Presiden Jokowi sebagai Calon Nominator Penerima Penghargaan Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2022. Penulis berkeyakinan bahwa keberhasilan pembangunan ekonomi Indonesia di masa Presiden Jokowi sangat berhubungan dengan gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yang Efektif (Redah hati, sederhana, tulus, jujur dan kerja keras). Dalam hal ini, Penulis berkeyakinan bahwa faktor ekonomi lain seperti sumber daya alam, investasi (uang), tenaga kerja, teknologi adalah faktor tarikan atas keefektifan sosok pemimpin negara dan pemerintahan.


Buku ini ingin menawarkan gagasan dan pemikirannya kepada Komite Nobel dan Panitia Nobel untuk dapat memberikan pertimbangan baru dalam hal penilaian bagi calon nominator peraih nobel ekonomi, yaitu kontribusi nyata kepemimpinan Presiden Jokowi yang efektif terhadap keberhasilan pembangunan ekonomi Indonesia, yang telah memberi dampak positif bagi jutaan penduduk di Indonesia.


Peran gaya kepemimpinan yang efektif terhadap keberhasilan pembangunan ekonomi dengan patut dijadikan sebuah pertimbangan baru bagi Komite Nobel dan Panitia Nobel dalam rangka melakukan seleksi nama calon nominator penerima penghargaan hadiah nobel ekonomi tahun 2022. Keberhasilan pembangunan ekonomi tidak hanya ditentukan oleh kekayaan sumber daya alam, uang, tenaga kerja, dan teknologi, akan tetapi juga ditentukan oleh gaya kepemimpinan yang efektif, seperti kerendahan hati. 


Penulis

Nama : Yonge Sihombing

Tempat/Tgl. Lahir : Desa Sarimatondang, Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun, Sumatera Utara, 10 Maret 1974

Alamat : Jl. Sagu Raya No. 32 Kel. Mangga, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara

HP/WA & Email : 0813 9897 4963; jokowimaestro.gmail.com; pesanbukuyonge.gmail.com


Kewarganegaraan : Indonesia

NIK : 1271131003730010


Pendidikan Formal:            

- Master Business Administration (M.B.A.) Barkley University (Distance Learning), 2002

- Sarjana Ekonomi (S.E.) Univ. Katolik St. Thomas Medan, 1998

- Sekolah Menegah Atas (S.M.A.) HKBP P. Siantar, 1993

- Sekolah Menengah Pertama (S.M.P.) Negeri Sidamanik, 1990

- Sekolah Dasar (S.D.) Inpres Sidamanik, 1984


Pendidikan Non Formal:

- Master Business Administration (M.B.A.) Barkley University (Distance Learning), 2002

- Sarjana Ekonomi (S.E.) Univ. Katolik St. Thomas Medan, 1998

- Sekolah Menegah Atas (S.M.A.) HKBP P. Siantar, 1993

- Sekolah Menengah Pertama (S.M.P.) Negeri Sidamanik, 1990

- Sekolah Dasar (S.D.) Inpres Sidamanik, 1984

- Pelatihan Jurnalis

- Pelatihan Komputer

- Pelatihan Bahasa Inggris (Toefl) 

- Pelatihan ToT Widyaswara LAN

- Pelatihan Manajemen Keuangan Daerah

- Pelatihan Perencanaan Pembangunan Daerah

Pekerjaan :

- Dosen F.E. Univ. Prima Indonesia (UNPRI)

Pengalaman Kerja:

- Dosen F.E. Univ. Universitas Methodis Indonesia

- Wartawan Sinar Indonesia Baru & Redaktur Sinar Medan

- Dosen Lembaga Pendidikan Pengembangan Profesi Indonesia 

  (LP3I) Medan

- Dosen STT Poliprofesi Medan

- Dosen STIE Atmatera Medan

- Dosen STIE LMMI Medan

- Asisten Anggota DPD RI Bidang Hukum & Perundang-Undangan

- Asisten Anggota Komisi IX/Panitia Anggaran DPR RI

- Staf Ahli Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara

- Staf Ahli Komisi C DPRD Provinsi Sumatera Utara

- Staf Ahli Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara

- Staf Ahli Badan Anggaran DPRD Provinsi Sumatera Utara

- Asisten Dosen Fak. Ekonomi Univ. HKBP Nommensen Medan

- Asisten Dosen Program Pascasarjana MPKP Univ. Indonesia

- Staf Teknis PT Duta Hari Murthi Consultants

- Tim Ahli Sustainable Capacity Building for Decentralization  

  Project (SCBD-P) ADB Loan

- Widyaswara Diklat Eselon III dan IV Pemko Medan

- Widyaswara Diklat Eselon II dan IV Pemkab Simalungun

- Tim Pokja Gubernur Sumatera Utara

- Manajemen APBD

- Kamus Ekonomi

- Manajemen Strategi

- Jokowinomics

- Jokowi Maestro 

- Pembangunan Desa

- Ekonomi Kerakyatan

- Perekonomian Indonesia

(Red/Hery B Manalu)