BI : Sinergy dan Strategi 4K Terus Diperkuat -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

BI : Sinergy dan Strategi 4K Terus Diperkuat

Tuesday, December 27, 2022

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Doddy Zulverdi, saat Bincang-Bincang Media (BBM) Desember 2022 secara luring dan daring, Selasa (27/12/2022).




Kopi Times | Medan :

BI terus bersinergi dan berkoordinasi guna mendukung program pengendalian inflasi dengan menerapkan implementasi strategi 4K (keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif)


"Sinergi dan koordinasi terus diperkuat melalui TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara penting dilakukan dalam mendukung program pengendalian inflasi melalui strategi 4K", demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Doddy Zulverdi, saat Bincang-Bincang Media (BBM) Desember 2022 secara luring dan daring, Selasa (27/12/2022).


Peningkatan intensitas operasi pasar, percepatan realisasi kerja sama antar daerah (KAD), subisidi ongkos angkut dan imbauan serta gerakan untuk substitusi konsumsi pangan. Penguatan peran lembaga afiliasi pemerintah baik BUMD, Bulog, sebagai agregator dan pelaksana kebijakan stabilisasi harga.


Doddy juga memaparkan, RDG Bank Indonesia tanggal 21-22 Desember 2022 memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan BI7DRRR sebesar 25 bps.


"Keputusan kenaikan suku bunga tersebut sebagai langkah lanjutan untuk secara front loaded, pre-emptive, dan forward looking memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi sehingga inflasi inti tetap terjaga dalam kisaran 3,0±1%."sebut Doddy. 


Kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah terus diperkuat untuk mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) di samping untuk memitigasi dampak rambatan dari masih kuatnya dolar AS dan masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.


Adapun laju inflasi tahun 2022 diprakirakan meningkat lebih dari sasaran inflasi 3,0±1%, sejalan dengan akselerasi permintaan,penyesuaian harga energi RT, serta meningkatnya harga bahan pangan. 


Ke depan, Pemerintah dan Bank Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah, berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi agar inflasi IHK tetap terjaga. Upaya tersebut diharapkan dapat makin mendorong peningkatan daya beli masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 


Inflasi yang rendah dan stabil diharapkan dapat mendukung pemulihan perekonomian serta pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan menuju Indonesia Maju.


Doddy juga menambahkan, perkiraan laju inflasi Sumatera Utara pada tahun 2023 lebih rendah dan masuk dalam sasaran inflasi 3,0±1%. Hal ini didukung perbaikan rantai pasokan global dan perbaikan produksi bahan pangan di tengah mulai terbatasnya dampak kenaikan harga BBM bersubsidi diawal tahun 2023. (Red/ Hery B Mnl)