Peresmian Tugu Tuan Morgu Ronggur Sabungan, "Bersatu Mempererat Tali Persaudaraan Keluarga Besar Rajagukguk" -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Peresmian Tugu Tuan Morgu Ronggur Sabungan, "Bersatu Mempererat Tali Persaudaraan Keluarga Besar Rajagukguk"

Tuesday, February 4, 2020

Pesta adat dan Peresmian Tugu Tuan Morgu Ronggur Sabungan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Desember 2019 di Desa Naimunte Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Tobasa berlansung dengan Meriah dan Sukses
Foto : Ist


Kopi-times.com | Narumonda :
Pesta adat dan Peresmian Tugu Tuan Morgu Ronggur Sabungan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Desember 2019 di Desa Naimunte Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Tobasa berlansung dengan Meriah dan Sukses.

Pada hari pertama tanggal 27 Desember 2019, Agenda acara  didahuli dengan ibadah singkat yang dipimpin Pdt.T. Opranto.P. Siagian., STh dari Resort HKBP Narumonda, kemudian acara dilanjutkan dengan berangkat ke makam  leluhur “Tuan Morgu Ronggur Sabungan“ dan anaknya Raja Margumis dan Raja Mulia , selanjutnya dilakukan penggalian ke tiga tulang belulang leluhur beserta istrinya.

Di lokasi Tugu acara didahuluui dengan Pengguntingan Pita oleh  Gomgom Rajagukguk, didampingi ketua Panitia dan diikuti oleh Pomparan Tuan Morgu Ronggur Sabungan, selanjutnya acara diteruskan dengan memasukkan  “Saring saring“ leluhur ke dalam Tugu.

Dilanjutkan dengan penandatangan prasasti yang ditanda tangani Berlin Rajagukguk (Ketua panitia) dan Gomgom Rajagukguk (mewakili turunan yang diperantoan) dengan disaksikan seluruh turunan Tuan Morgu Ronggur Sabungan, Boru, bere dan Ibebere dari berbagai wilayah.

Acara marsigabegabe merupakan bagian dari acara adat pada 27 Desember 2019. Didalam acara "marsigabegabe" diadakan acara pembagian jambar kepada seluruh horong Tulang (Sinambela, Manurung), Horong Hulahula (Napitupulu, Sinambela, Marpaung, Harahap,Panjitan ), dongan tubu,(Op. Palti, Tagornilaut, Babiat Sosunggulon, Tahal Diaji ) Boru, bere, ibebere.

Usai acara marsigabegabe ini,  malam hari dilanjutkan dengan acara manortor seluruh pomparan Tuan Morgu Ronggur sabungan dialanjutkan yang diiringi uninguningan Batak (Gondang Sabangunan) selanjutnya acara hiburan diisi dengan kehadiran Artis ibukota Jakarta “Orasi Trio“ diiringi Gogom Musick dibawah koordinasi Marusaha Rajagukguk (Jakarta), Gomgom Rajagukguk (Padangsidempuan).

Prosesi hari kedua, 28 Desember 2019, dengan mengucap syukur atas kebesaran dan kuasa Tuhan seluruh pomparan Tuan Morgu Ronggur Sabungan, berdoa bersama dalam acara kebaktian yang dibawakan oleh Pdt.T. Opranto. P. Siagian, STh.

Lebih lanjut Pdt. P. Opranto Siagian, STh dalam khotbahnya  menyampaikan “Tetaplah bersatu dalam ikatan kasih yang daripada Tuhan“ usai acara ibadah seluruh pomparan meminta "tua nigondang sabangunan" sebagai awal dari puncak acara yang dilanjutkan dengan pembacaan riwayat singkat perjalanan “Datu Sangap Nauli" sampai ke Uluan Porsea yang dibawakan oleh St. Berlin Rajagukguk (Ketua Panitia).

Dalam ikatan kebersamaan dan kebulatan tekad dari seluruh Pomparan Tuan Morgu Ronggur Sabungan sebagai upaya dari kelanjutan Pesta Bolon Pomparan Datu Sangap Nauli pada Tahun 1964 menyatakan satu tekad yang bulat bahwa mulai tanggal 28 Desember 2019 seluruh turunan Rajagukguk yang berasal dari Narumonda Porsea sepakat bahwa ‘Tuan Morgu Ronggur Sabungab' adalah merupakan Putra ke 4 (empat) dari Datu Sangap Nauli dari Istrinya br. Manurung, hal ini ditandai dengan penandatangan Cetifikat dan berita cara peresmian tugu oleh utusan perwakilan keturunan Datu Sangap nauli, Inisiatur DPP Rajagukguk Se-Dunia dan ketua DSN kota Medan, dihadapan seluruh tulang dan hula hula Sinambela, Manurung,
Napitupulu, Marpaung, Harahap dan Panjaitan.

Usai penandatangan Certifikat dan berita acara peresmian, Inisiator DPP Rajagukguk (Drs. Burhanuddin Rajagukguk, AKP. Antoni Rajagukguk,SH, Maha Rajagukguk, SH dan Victor Rajagukguk. S.Sos), AKP. Antoni Rajagukguk, SH dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa Team Inisiator adalah menginisiasi segala sesuatu perbedaan pendapat ditengah tengah keluarga besar turunan Rajagukguk dan beliau juga menyampaikan dan berpesan hendaklah “Satu ide dan pemikiran “ untuk memajukan dan mempererat tali persaudaraan ditengah-tengah keluarga besar Rajagukguk demi kemajuan Rajagukguk, berbangsa dan bertanah air dan NKRI yang kita cintai .

Sementara ketua DSN Kota Medan Drs. Binrot Rajagukguk mengucapkan Selamat dan Sukses atas Peresmian Tugu Tuan Morgu Ronggur Sabungan Rajagukguk sebagai putra ke 4 (empat) Datu Sangap Nauli dan juga berpesan hendaklah tetap menjaga tali persaudaraan diantara keturunan Rajagukguk khususnya Pomparan DSN dan hal ini juga diamini oleh seluruh Perwakilan DSN (Darman Rajagukguk (Op.Sondang ), R. Rajagukguk,SE (Op.Sihol), J. Rajagukguk (Op.Sihol), H.Rajagukguk (Op.Raja Hata) R. Rajagukguk (Parultop).

Secara khusus kepada panitia  Pesta Adat dan Peresmian Tugu Tuan Morgu Ronggur Sabungan Rajagukguk tanggal 27 -28 Desember 2019 di Lumban Mual Naimunte-Narumonda, St. Berlin Rajagukguk selaku Ketua umum Panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh Gomparan Tuan Morgu Ronggur Sabungan, khusunya kepada Gomgom Rajagukguk (P. Sidempuan),
Marusaha Rajagukguk (Jakarta) sebagai The Star Donatour dan dan terkhusus terutama buat Panitia Bonapasogit yang telah banyak mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran.

Rasa hormat dan terimakasih juga disampaikan oleh Ketua Umum panitia kepada Seluruh Panitia Bona Pasogit, Victor Rajagukguk (Sekjen), Tahan Kennedy Tambunan (bendahara), James Rajagukguk, 2. Panitia Jakarta Sahala Rajagukguk (Ketua ), Firman Sitorus (bendahara), Alden Rajagukguk, St. Albiner Rajagukguk, SH, beserta Rombongan ), 3.Panitia Medan ( Raimon RH. Rajagukguk, RF, Mariccan Rajagukguk, Dina Rumenta (bendahara ) Rajagukguk, St. Djamal Rajagukguk l,   J.Rajagukguk. SH ).

Dalam sambutannya Ketua Umum Panitia Bona Pasogit menyampaikan pesannya kepada seluruh Gomparan Tuan Morgu Ronggur Sabungan, bahwa tahun 2021 Bona Pasogi Narumonda sebagai tanah leluhur Tuan Morgu Ronggur Sabungan putra ke 4 Datu Sangap Nauli di daulat menjadi Tuan Rumah pada Partangiangan Bolon seluruh Gomparan Datu Sangap Nauli, untuk itu beliau berharap seluruh Pomparan Tuan Morgu Ronggur Sabungan yang berasal dari Lumban Mual Naimunte Narumonda turut serta dan ambil bagian demi suksesnya acara di tahun 2021.

Sebagai pesan terakhir dari Ketua umum Panitia terhitung 27 Desember 2019 dan seterusnya  seluruh Pomparan Rajagukguk yang berasal dari Narumonda bahwa Tuan Morgu Ronggur Sabungan adalah Putra ke 4 dari Datu Sangap Nauli.

"Arga Do Bona ni Pinasa
Satahi Saoloan ma Hita Pomparan ni Tuan Morgu Ronggur Sabungan
Horas Mardongan Mauliate", tutup St. Berlin Rajagukguk. (Rel/Hery B Manalu)