Kabaharkam Polri Dan Kapolda Sumut Tinjau Gudang Sayur Kamtibmas di Marelan -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Kabaharkam Polri Dan Kapolda Sumut Tinjau Gudang Sayur Kamtibmas di Marelan

Tuesday, September 29, 2020

 

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, kunjungi TPA Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Selasa (29/09/ 2020 ).
Doc.: Kopi Times /Parsaoran Sitorus


Kopi Times | Marelan :

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, kunjungi TPA Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Selasa (29/09/ 2020 ).


Di sini, program dari Komunitas Pegiat Tani dan Lingkungan Kamtibmas (KOPETIK) mendapat apresiasi dari Kabaharkam Polri yang telah memanfaatkan tempat pembuangan akhir sampah (TPA) menjadi lahan produktif untuk ketahanan pangan dengan menanam sayur, palawija, dan budidaya ikan lele. Menurutnya, kegiatan tersebut perlu terus dikembangkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan ketahanan pangan nasional.


Pemanfaatan lahan TPA menjadi lahan produktif ini merupakan hasil kolaborasi antara KOPETIK binaan Bhabinkamtibmas Polres Belawan dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan sebagai pengelola.


“Marilah kita semua belajar untuk Indonesia menjadi berdiri di atas kaki sendiri. Jangan takut, Indonesia punya apa saja dari pada semua negara yang lainnya. Kita jauh lebih subur dari Israel, Vietnam. Allah memberikan karunia terhadap Indonesia sebagai negara yang kaya raya, kita harus mengolah sedemikian rupa untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.


Ketika TPA saja bisa dimanfaatkan menjadi lahan produktif untuk sayuran dan perikanan, Komjen Pol Agus Andrianto membayangkan seharusnya hal itu juga bisa diterapkan di pekarangan rumah untuk memperkuat ketahanan pangan masyarakat.


Selain itu, Kabaharkam Polri mengingatkan, diperlukan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk menghadapi efek buruk pandemi COVID-19.


Selain itu, dukungan pemerintah daerah juga harus terus dimasifkan dalam rangka menyukseskan kebijakan penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang telah dicanangkan pemerintah pusat.


“Pemerintah daerah semua harus mendukung kebijakan pemerintah karena pemerintah daerah adalah kepanjangan tangan pemerintah pusat,” tegas Komjen Pol Agus Andrianto.


Di akhir kegiatan, Kabaharkam Polri juga melakukan penyerahan bantuan sosial dan masker gratis untuk masyarakat yang terdampak COVID-19. Semua kegiatan dilaksanakan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan: menjaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan.


Turut hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, PJU Polda Sumut, Kapolres Belawan, Plh Walikota Medan serta komunitas Bank Sampah Bilal Mayit, Penggali Kubur.( P.Sitorus ).