Dalam Rangka Menyemarakan HUT TNI Ke 75.YonMarhanlan 1 Bersama ABB Melakukan Gerakkan Belawan Bebas Sampah -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Dalam Rangka Menyemarakan HUT TNI Ke 75.YonMarhanlan 1 Bersama ABB Melakukan Gerakkan Belawan Bebas Sampah

Friday, October 2, 2020

  

Foto : Parsaoran Sitorus/Kopi Times

Kopi Times | Belawan :

Dalam rangka turut menyemarakan HUT TNI ke-75, Yonmarhanlan I bersama Anak Belawan Bersatu (ABB) dan Forkopimca serta masyarakat bahu membahu membersihkan sampah di lingkungan masing-masing dan drainase di wilayah Belawan,di Mako sarang petarung Belawan,jalan wisma Hanafia Belawan ,Jumat ( 02/10/2020)


Kegiatan ini dilakukan guna mendukung program Pemerintah Pusat terhadap percepatan perkembangan dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pusat obyek wisata Mangrove dan Wisata Bahari di Kecamatan Medan Belawan. Salah satu langkah kecil untuk menarik wisatawan dengan memerangi sampah agar lingkungan obyek wisata nyaman dikunjungi dan terbebas dari polusi serta bau tak sedap.


Sebagai prajurit negara, TNI AL khususnya Batalyon Marinir bersama Kepolisian, ABB dan Firkopimca memiliki kepedulian itu dan membangun kesadaran warga untuk bergotong-royong menjaga lingkungan yang bersih indah dan asri.


“Bakti sosial bersih sampah ini kita gelorakan untuk mengajak masyarakat tetap dan terus membersihkan lingkungan dari sampah berbagai jenis, baik di pesisir pantai maupun di wilayah daratan, karena Belawan ini telah mewakili kepentingan Indonesia untuk dunia," ujar Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Lantamal 1 Belawan Letkol Marinir Farick MTr Opsla saat menyampaikan kata sambutannya pada giat Gerakan Belawan Bebas Sampah.


Lanjut Letkol Farick,"bahwa sanitasi baik juga mendukung lingkungan sehat sehingga masyarakat terhindar dari berbagai macam ancaman virus, termasuk Covid-19 yang kian mengancam kehidupan umat manusia secara global,"cetusnya.


Untuk itu, Letkol Marinir Farick meminta masyarakat tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan taat berdisiplin. “Lingkungan sehat, virus menjauh, yang terpenting taat dan patuh pada Protokol Kesehatan. Corona tidak mengenal status dan jabatan, mari kita tertib berdisiplin,” pungkasnya.


Dalam rangka turut menyemarakan HUT TNI ke-75, Yonmarhanlan I bersama Anak Belawan Bersatu (ABB) dan Forkopimca serta masyarakat bahu membahu membersihkan sampah di lingkungan masing-masing dan drainase di wilayah Belawan.


Untuk itu, Letkol Marinir Farick meminta masyarakat tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan taat berdisiplin. “Lingkungan sehat, virus menjauh, yang terpenting taat dan patuh pada Protokol Kesehatan. Corona tidak mengenal status dan jabatan, mari kita tertib berdisiplin,” pungkasnya.


Oleh karena itu, Danyon Marinir mendesak agar Pemko Medan segera membuat Peraturan Daerah (Perda) yang melarang warga untuk membuang sampah sembarangan. Selain itu, mendorong Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup membuat tempat sampah sebanyak-banyaknya.


Usai kegiatan Danyonmarhanlan I Letkol Marinir Farick M.Tr memberikan sembako kepada para Nelayan Sebrang dan abang becak serta pemberian plakat kepada Asisten Umum Pemko Medan Renward Parapat Atmd.


Hadir dalam kegiatan tersebut yakni PJS Walikota yang diwakili oleh Asisten Umum Pemko Medan, Renward Parapat Atmd, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Mhd. R. Dayan SH, MH, mewakili Danpomal Peltu E. Sianipar, Pasiops Yonmarhanlan I Mayor Marinir Teguh Pristiyanto M.Tr. Hanla, Dankima Kapten Marinir Amriadi Lubis, Danki A Kapten Marinir Robby Barus, Danrai Arhanud Kapten Marinir Asad dan Pasipers Lettu Marinir Imran, Danramil 09 Belawan Kap. Rahimin, Kapolsek Belawan Kompol D.J Naibaho SH, Camat Belawan Ahmad Sunara, SP, MM, seluruh perwira dan Prajurit Yonmarhanlan I, Seluruh Lurah se-kecamatan Belawan, seluruh Kepling se Kecamatan Belawan, Tokoh Masyarakat H. Irfan Hamidi, dan Anak Belawan Bersatu, Kajari Belawan, Bea Cukai Belawan, Kesyabandaran Utama Belawan, dan tokoh agama, serta tokoh pemuda, KSJ Kecamatan Medan Belawan. ( P.Sitorus ).