Sosiologi, Ilmu yang Mempelajari Tentang Manusia -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Sosiologi, Ilmu yang Mempelajari Tentang Manusia

Saturday, July 10, 2021

Ilustrasi : Ist

Kopi Times - Pengertian sosiologi, secara umum adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang manusia sebagai mahkluk sosial dan interaksi yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat. Sudah kita ketahui bahwa manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. 


Hakekatnya, manusia membutuhkan manusia lain agar dapat hidup dan memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Artinya, kita sebagai manusia membutuhkan orang lain. Tak peduli seberapa banyak harta dan uang yang kita miliki, kita tetap membutuhkan manusia lain untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup kita.


Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pengertian sosiologi secara umum, pengertian sosiologi menurut para ahli, berikut ini pengertian sosiologi menurut para ahli:


Menurut Pitirim Sorokin, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari terkait hubungan serta pengaruh timbah balik dari segala macam gejala sosial. Misalnya saja meliputi gejala keluarga, gejala ekonomi, gejala moral, dll. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan serta pengaruh timbal balik yang terjadi antara gejala sosial dan non sosial. Sosiologi merupakan ilmu yang mana mempelajari ciri ciri umum dari segala jenis gejala sosial yang ada.


Menurut Roucek dan Warren, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari terkait hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompoknya. 


Menurut William F Ogburn & Mayer F Nimkopf, sosiologi merupakan penelitian yang secara ilmiah kepada interaksi sosial serta hasilnya (organisasi sosial).


Menurut Max Weber, sosiologi merupakan ilmu yang mengupayakan pemahaman mengenai tindakan-tindakan sosial. 


Menurut J.A.A Von Dorn & C.J Lammers, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan tentang struktu serta proses kemasyarakatan yang sifatnya stabil.


Menurut Selo Soemardjan & Soelaeman Soemardi, sosiologi merupakan ilmu kemasyarakatan yang mempelajari terkait struktur sosial serta proses proses sosial yang masuk ke dalam perbuahan sosial. 


Menuut Paul B Horton, sosiologi merupakan ilmu yang lebih memusatkan pada penelaahan di dalam kehidupan kelompok serta produk kehidupan dari kelompok tersebut.


Menurut Soerjono Soekanto, sosiologi merupakan ilmu yang lebih memusatkan pada perhatian dari segi-segi kemasyarakatan yang sifatnya lebih umum serta berusaha mendapatkan pola-pola umum yang ada di kehidupan masyarakat. 

Menurut William Kornblum, sosiologi merupakan upaya ilmiah yang mana mempelajari terkait masyarakat serta perilaku sosial anggota masyarakat dan menjadikan masyarakat tersebut ke dalam berbagai kelompok serta kondisi.


Menurut Allan Jhonson, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari terkait kehidupan serta perilaku, khususnya pada kaitannya dengan sistem sosial serta bagaimana sistem sosial tersebut dapat mempengaruhi orang lainnya dan bagaiamana pula terkait orang orang yang terlibat di dalamnya yang mempengaruhi sistem tersebut.


Menurut Mayor Polak, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mana mempelajari terkait masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik itu kelompok formal maupun material ataupun kelompok statis maupun dinamis. (***)