Persatuan Guru Besar Indonesia (PERGUBI) : "Profesor Berperan Penuh Menjaga NKRI" -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Persatuan Guru Besar Indonesia (PERGUBI) : "Profesor Berperan Penuh Menjaga NKRI"

Thursday, June 30, 2022

Pelantikan PERGUBI Sumut periode  2022-2027 oleh Ketua Umum PERGUBi Prof. Dr. Gimbal Doloksaribu Rabu (29/6/2022) di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Aula Tengku Rizal Nurdin, Jl. Sudirman No. 40 Medan/Foto : Hery B Manalu/Kopitimes


Kopi Times | Medan :

Profesor berperan penuh menjaga NKRI dan sebuah Negara akan Hancur Bila Guru Besar atau Profesornya Tinggal Diam dan Hanya jadi Penonton, kenang Prof. Dr. Gimbal Doloksaribu, Ketua Umum Persatuan Guru Besar/Profesor (PERGUBI), ketika dirinya dilantik menjadi Ketua Umum PERGUBI.



Ungkapan itu disebutnya kembali saat memberikan kata sambutan pada pengukuhan pelantikan Pengurus DPD PERGUBI Sumut, Rabu (29/6/2022) di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Aula Tengku Rizal Nurdin, Jl. Sudirman No. 40 Medan.



"Para Guru Besar atau Profesor berperan penuh menjaga Negara. Para Guru Besar punya tanggung jawab penuh menjaga keutuhan NKRI. Sebuah Negara akan Hancur Bila Guru Besar atau Profesor Tinggal Diam dan Hanya jadi Penonton", kenangnya ketika dirinya dilantik.




Ketua Umum PERGUBI ini menyebutkan kehadiran profesor dan guru besar sangat penting meneruskan perjuangan. Peran para Guru Besar dibutuhkan rakyat Indonesia dan diharapkan dapat terus bersingergy dan berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat secara ilmiah.



PERGUBI berjuang dengan pemikiran dan gagasan yang disumbangkan mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pembangunan nasional sebagai wujud niat baik dan kepedulian para insan guru besar Indonesia. Pemikiran tersebut meliputi kajian bidang ekonomi, hukum, lingkungan, pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, dan kebudayaan.



Ketua Umum PERGUBI mengucapkan selamat sukses dan berkarya atas pengukuhan ini, para Guru Besar (Profesor) Indonesia adalah penerus perjuangan,  dan menjaga NKRI. 



"Selamat dan Sukses atas pengukuhan pelantikan pengurus Pergubi Sumut masa bakti 2022 -2027, selamat berkarya dan tunjukkanlah baktimu yang tidak terbatas untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sangat kita cintai ini. Kita adalah penerus perjuangan, mereka para pejuang belum sempat merasakan kemerdekaan, mereka hanyalah pejuang, tanpa merasakan hasil dari perjuangannya. Kita harus bersatu menjaga Kesatuan, Keutuhan NKRI yang sangat kita cintai ini", sebut Prof. Dr. Gimbal Doloksaribu. 



Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi diwakili Staf Ahli Bidang, Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA Agus Tripriyono menyebutkan,  para profesor (Guru Besar) diharapkan aktif berperan menjawab berbagai permasalahan yang ada di tengah masyarakat.



"Para intelektual peneliti punya tugas meluaskan hati dan melihat objek atas subjek dengan lebih luas lagi, ilmuan tidak harus berdiri di kelompok tertentu atau membela kepentingan tertentu,” kata Agus saat membacakan pidato Gubsu, pada pelantikan Persatuan Guru Besar Indonesia (Pergubi) Sumut di Medan, Rabu (29/6/22) pagi. 



Para guru besar diharapkan terus berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan umat manusia serta berinovasi guna memecahkan berbagai permasalahan masyarakat secara ilmiah. Perguruan tinggi juga harus menjadi garda terdepan dalam menyiapkan inovasi dalam upaya menuju perekonomian yang berdasarkan pengetahuan. 



Untuk itu perlu sinergi dari setiap pihak guna menuju Sumut Bermartabat maju, aman dan bermartabat. Khususnya dalam pemecahan masalah dapat ditemukan sekaligus diterapkan melalui proses pemikiran.



Sebelumnya Pergubi Pusat membacakan susunan susunan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pergubi Sumut periode 2022-2027) adalah sebagai berikut, Ketua : Prof. Dr. Ediwarman, SH, MHum, Wakil Ketua I : Prof. Dr. Tamrin, M.Si, Wakil Ketua II : Prof. Dr. Gontar Alamsyah Siregar, SpPD-KGEH (K), Sekretaris : Prof. Dr. Erika Revida, MS, Wakil Sekretaris: Prof. Dr. Badaruddin, M.Si, Bendahara: Prof. Dr. Elisabet Siahaan, SE, M.Ec, Wakil Bendahara: Prof. Dr. Prihatin Lumbanraja, M.Si.



Ketua Panitia Acara Pelantikan PERGUBI Sumut 2022-2027, Yonge Sihombing SE., MBA didampingi Sekertaris Dr. Nenni Triana Sinaga M.Pd, berharap dengan terbentuknya dan dilantiknya Pengurus DPD Pergubi Sumut maka sudah ada wadah bagi para Guru Besar/Profesor di Sumatera Utara untuk menjalin persaudaraan, persatuan, saling berkomunikasi dan berdiskusi mewujudkan tujuan, visi, misi dan program pembangunan di Provinsi Sumatera Utara pada khususnya, utamanya di bidang pendidikan.



"Kami panitia mengucapkan terimaksih sebesar-sebesarnya atas kepercayaan bapak/ibu, para Guru Besar (Profesor) atas kesempatan yang diberikan kepada kami sebagai panitia pelantikan PERGUBI Sumut dengan berbagai keterbatasan", sebutnya. 



Hadir pada acara pelantikan unsur pemerintah Uspida Sumut, Pemko Medan, Wakil Bupati se Sumut, DPRD SU dan DPRD Kab/Kota se Sumut, para Guru Besar (pengurus) DPD Pergubi Sumut yang akan dilantik, akademisi para Pimpinan Perguruan Tinggi/Rektor, Dekan, Dosen, Mahasiswa, Unsur business dan tokoh masyarakat. (Red/Hery B Manalu)