Roma Sembiring Diserstasi Doktoral, Wujudkan Sekolah Kristen Berbudaya dan Berwawasan Kebangsaan -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Roma Sembiring Diserstasi Doktoral, Wujudkan Sekolah Kristen Berbudaya dan Berwawasan Kebangsaan

Thursday, July 21, 2022

Ujian Komprehesif,  Roma Sembiring dihadapan para penguji, Jumat pagi (22/7/2022), di STT Paulus Medan. Foto : Kopitimes/Matius Sagala



Kopi Times | Medan :
Roma Sembiring paparkan pentingnya manajemen dalam pendidikan di SMTK (Sekolah Menengah Teologi Kristen) Agia Sophia untuk wujudkan siswa yang berbudaya dan berwawasan kebangsaan.


Manajeman pendidikan mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien, karena dalam manajemen itu semua proses pembelajaran sudah dirancangkan. Maka semua rancangan itu juga harus dilaksanakan dengan strategi yang sudah ditentukan.


"Penelitian ini dilakukan untuk menuliskan perjalanan SMTK Agia Sophia sedasawarsa dan, Penelitian ini juga adalah penelitian kualitatif dalam kajian historis"', sebutnya Pasca Sarjana Program Doktoral, Sekolah Tinggi Teologia (STT) Paulus Medan, Jumat 22/7/2022 saat seminar hasil Disertasi dan ujian Komprerhensif program doktoral kampus tersebut.


Adapun data primer dari penelitian ini adalah data wawancara, data sekunder juga dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh dari SMTK Agia Sophia khususnya dalam perkembangan belajar-mengajar sedasawarsa.


Visi, misi, pengajaran, perkembangan, bagi guru dan staf SMTK Agia Sophia sedasawarsa, perkembangan peraturan bagi siswa SMTK Agia Sophia sedasawarsa, perkembangan pembelajaran SMTK Agia Sophia sedasawarsa, perkembangan pencapaian pendidikan siswa SMTK Agia Sophia sedasawarsa dan juga perkembangan manajemen seperti: perkembangan penerimaan siswa SMTK Agia Sophia sedasawarsa, perkembangan guru dan administrasi SMTK Agia Sophia sedasawarsa, perkembangan sarana prasarana SMTK Agia Sophia sedasawarsa, keikutsertaan dalam organisasi SMTK Agia Sophia sedasawarsa, pencapaian prestasi siswa SMTK Agia Sophia sedasawarsa, standar biaya operasional SMTK Agia Sophia sedasawarsa, perkembangan penunjang proses belajar mengajar SMTK Agia Sophia sedasawarsa.


Semua data-data primer dan sekunder yang ada dalam penelitian ini memperlihatkan adanya penurunan dalam bidang tertentu seperti jumlah siswa yang kelihatannya mengalami penurunan, sementara bidang yang lain mengalami pertumbuhan.


Menurutnya hal yang juga perlu diperhatikan hasil interpretasi data-data penelitian sejarah ini, adalah dalam mempersiapkan guru, staf dan juga yang lainya yang dapat mendukung perkembangan SMTK Agia Sophia kedepannya.


Disertasi ini berada pada konsentrasi PAK (Pendidikan Agama Kristen), berjudul Tinjauan Historis Sedasawarsa (2010-2019) Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) Agia Sophia : Pengajaran, Pendidikan dan Manajemen Sekolah. Oponen ahli Dr. Parluhutan Manalu, MTh, MM, Dr. Irwanto Berutu, M.Th dan Dr. Hery Buha Manalu, S.Sos, M. Mis. Sebagai promotor Dr. AE. Koamesakh,  M.Th, M.Hum, Dr. Nixon Lumban Gaol M.Pd.K dan Dr. Herawati Barus, S.S, M.Th. (Red/Hery BM)