BI Sumut Siapkan Rp 5,57 T Uang Layak Edar -->

Cloud Hosting Indonesia

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

BI Sumut Siapkan Rp 5,57 T Uang Layak Edar

Tuesday, December 27, 2022

Foto Ilustrasi : Ist


Kopi Times | Medan :

Bank Indonesia (BI) bersama TPID Sumatera Utara sehubungan HKBN Nataru 2022, melakukan sidak pasar dan berbagai upaya stabilitas,  mempersiapkan 5.57 T uang rupiah layak edar. 



"Menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas inflasi, pemenuhan kebutuhan uang kartal layak edar, dan kesiapan SP Non Tunai",  demikian dikemukakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Doddy Zulverdi, saat Bincang-Bincang Media (BBM) Desember 2022 secara luring dan daring, Selasa (27/12/2022).



Secara historis, sebagian besar komponen Volatile Food mengalami inflasi pada dua minggu terakhir Desember, sehingga upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia bersama TPID Sumatera Utara menghadapi Nataru ini salah satunya dengan melakukan sidak pasar dan pasar murah. 



Selanjutnya untuk menjaga pemenuhan kebutuhan uang kartal layak edar,KPw BI Sumut telah menyediakan sebesar Rp 5,57 T uang rupiah layak edar yang jumlahnya meningkat 12,07% (yoy) dan dapat diakses oleh masyarakat melalui bank umum, BPR, Bank Kas Titipan, maupun kantor Bank Indonesia. 



Pada kesiapan SP Non Tunai, KPw BI Sumut telah memperluas merchant dan penguna baru QRIS melalui program SIAP QRIS dan mempercepat elektronifikasi pembayaran melalui TP2DD. (Red/ Hery B Mnl)