Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

BI : “Aktivitas Belanja Turun Drastis Hingga 40%-70%”

Wiwiek Sisto Widayat Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut)
Foto : Hery B Manalu/ Kopi-times.com

Kopi-times.com | Medan :
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Wiwiek Sisto Widayat menyebutkan ditengah pandemi Covid-19 aktivitas belanja menurun seiring dengan terbatasnya aktivitas masyarakat, Selasa (14/4/2020).

“Aktivitas belanja mulai terlihat menurun drastis di bulan Maret hingga 40%-70% tercermin dari hasil konfirmasi Bank Indonesia terhadap beberapa toko/swalayan/departemen store seiring dengan perilaku self-distancing yang mulai digalakkan”, sebut Wiwiek.

Menurutnya pelaku usaha merumahkan karyawan akibat penurunan produktivitas.

“Pelaku usaha mengalami penurunan omset dan sebagian telah merumahkan karyawan bahkan melakukan PHK. Dampak ekonomi LU PBE akibat penurunan produktivitas dan margin diperkirakan sebesar 0.4%-0.7% dari baseline”, ungkap Wiwik dalam siaran persnya kepada para wartawan di Medan.

Wiwiek juga menyampaikan, penjualan kebutuhan rumah tangga meningkat karna dipengaruhi perilaku stocking.

“Penjualan mengalami penurunan penjualan 40% – 70% (yoy), namun penjualan ritel kebutuhan rumah tangga cenderung meningkat karena perilaku “stocking” masyarakat. Pelaku usaha juga telah merumahkan sebagian karyawannya”, tutup Wiwiek. (Red)

Redaksi Kopi Times
Redaksi Kopi Timeshttps://www.kopitimes.id
Situs berita online Kopitimes.id hadir mengabarkan informasi terbaru secara transparan. Menyuguhkan berita dari sudut pandang yang netral oleh jurnalis profesional. Iklan : reklame@kopitimes.id | Redaksi : redaksi@kopitimes.id

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest Articles