Illustrasi Gambar
Sumber Foto : Int

Kopi-times. com | Jakarta :
Bank Indonesia (BI) memastikan kecukupan pasokan uang kertas dan logam dalam pecahan dan jumlah yang memadai di seluruh NKRI dalam rangka menghadapi Ramadhan/Idul Fitri 1440 H.

Hal ini disampaikan Onny Widjanarko Direktur Eksekutif dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Kamis (25/4/2019) di Jakarta.

Onny Widjanarko juga memaparkan
kelancaran sistem pembayaran masih tetap terpelihara, baik dari sisi tunai maupun non tunai.

Melalui pesan elektronik kepada Media, Onny juga menyebutkan penggunaan ATM-Debit, Kartu Kredit dan Uang Elektronik (UE) bertumbuh.

Pembayaran tunai tumbuh positif, dengan Uang Yang Diedarkan (UYD) tumbuh 5,6% (yoy) pada Maret 2019, sedangkan pembayaran non tunai secara konsisten terus meningkat.

Penggunaan ATM-Debit, Kartu Kredit dan Uang Elektronik (UE) tumbuh 17,1% (yoy) pada Februari 2019, diantaranya UE yang mengalami pertumbuhan mencapai 77,6% (yoy).

Penggunaan ATM-Debit mendominasi transaksi sistem pembayaran ritel dengan pangsa 94,8% dan pertumbuhan 16,6% (yoy).

Sementara itu, penggunaan UE di e-commerce terus meningkat di Februari 2019, didorong oleh pergeseran preferensi pembayaran dan preferensi atas barang yang dibeli via e-commerce.

Onny Widjanarko, juga menyebutkan pihak Bank Indonesia juga akan mendorong perluasan program elektronifikasi penyaluran bansos, dana desa, moda transportasi, dan operasi keuangan Pemerintah. Sehingga dapat memperkuat peran sistem pembayaran dalam mendukung kegiatan ekonomi. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here