Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

KPI di Pulau Sibandang, dari Kunjungan Situs Wisata Hingga Pelatihan Jurnalistik

Kegiatan Kemah Pers Indonesia (KPI) 2019, sukses, secara khusus SPRI (Serikat Pers Seluruh Indonesia)
di Pulau Sibandang
Foto : Ist

Kopi-times.com | Jakarta :
Kegiatan Kemah Pers Indonesia (KPI) sukses, secara khusus SPRI (Serikat Pers Seluruh Indonesia) dan panitia berterimakasih kepada Camat Muara Josua Napitupulu, yang telah mendampingi tim selama berkegiatan di pulau Sibandang.

Perserta KPI 2019 foto Bersama di Pulau Sibandang
Foto : Ist

Hal ini disebut Hence Mandage Ketua DPP SPRI didampingi Ketua Panitia Devis Karmoy, DPD SPRI Provinsi Sumatera Utara dalam relisnya Sabtu (22/11/2019).

Bupati Tapanuli mendukung dan secara khusus menugaskan Camat Muara Josua Napitupulu total tiga hari tetap bersama KPI di pulau Sibandang.

“Dukungan yang tak kalah luar biasa datang dari Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang menugaskan secara khusus Camat Muara Josua Napitupulu untuk mendampingi seluruh rangkaian kegiatan Kemah Pers Indonesia dari pagi hingga malam hari selama tiga hari berturut-turut”, sebut Hence Mandage.

Bersama Camat, Muara Josua Napitupulu, peserta KPI dibawa mengunjungi beberapa lokasi wisata yang sempat dikunjungi peserta Kemah Pers Indonesia salah satunya adalah Rumah Adat Batak di Pulau Sibandang.

Rumah Adat Batak di Desa Papande, Pulau Sibandang
Foto : Hery B Manalu/Kopi-times.com

Sejumlah rumah adat asli berumur ratusan tahun masih kokoh berdiri di tengah rumah-rumah penduduk lainnya.

Hence Mandage bersama peserta KPI mengunjungi
Air Terjun Janji di Baktiraja Humbang Hasundutan
Foto : Hery B Manalu/Kopi-times.com

Dalam kesempatan itu peserta KPI mengunjungi lokasi wisata Air Terjun Janji. Di lokasi ini peserta dilarang mengucapkan kata-kata kotor.

Dan konon ada sepasang pasutri yang sudah sejak lama tidak bisa memiliki momongan, lalu membuat ikrar janji di depan air terjun ini dan setelah beberapa bulan kemudian dikabarkan sang isteri berhasil mengandung dan kemudian memiliki momongan.

Pengerahan Ulas, Desa Papande Pulau Dibanding
Foto : Heryanto B Manalu/Kopi-times.com

Meninggalkan keindahan air terjun Janji, rombongan peserta kemudian menyempatkan diri mengunjungi pengrajin tenun kain songket.

Menurut pengrajin di sini, setiap kain tenun songket dapat diselesaikan selama kurang lebih 7 hari. Harga kain tenun songket buatan tangan ini berkisar satu hingga dua juta rupiah.

Air Terjun Sibandang. Devis Karmoy Ketua Panitia KPI 2019
Foto : Hery B Manalu/Kopi-times.com

Sebagian keindahan alam di lokasi Geosite Spinsur juga tak luput dari kunjungan peserta Kemah Pers Indonesia. Dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Devis Karmoy, peserta disuguhi pemandangan yang sungguh sangat memanjakan mata.

Berlatar pemandangan Danau Toba seolah terlukis alami oleh goresan pulau-pulau yang melekat indah dibibir danau dari kejauhan.

Di penghujung acara Kemah Pers Indonesia, peserta digiring ke rumah pengasingan Presiden Pertama RI Soekarno untuk melihat-lihat situasi ketika sang proklamator dulu pernah diasingkan di tempat ini.

Sebagai penutup seluruh rangkaian geliat Kemah Pers Indonesia, peserta mengikuti symposium tentang pengakuan Geopark Kaldera Toba sebagai Geopark dunia, dan terakhir adalah pelatihan jurnalistik tentang tekhnik menulis berita feature oleh pemateri Pemimpin Redaksi media Jayakarta Roso Daras. (Rel)

Redaksi Kopi Times
Redaksi Kopi Timeshttps://www.kopitimes.id
Situs berita online Kopitimes.id hadir mengabarkan informasi terbaru secara transparan. Menyuguhkan berita dari sudut pandang yang netral oleh jurnalis profesional. Iklan : reklame@kopitimes.id | Redaksi : redaksi@kopitimes.id

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest Articles