Yosephine N Sembiring, SE, M.Si Foto : Ist |
Kopi-times.com | Medan
Salah satu faktor yang menjadi rujukan dalam menjalankan bisnis adalah mengikut perkembangan zaman. Sebab, memiliki toko tidak menjamin pelaku usaha dapat menjual produknya dengan laris. Di era digital kini, penjualan dengan sistem online dipercaya lebih mampu menciptakan untung bagi pengusaha.
Yosephine N Sembiring, SE, M.Si yang merupakan dosen sekaligua praktisi Entrepreneur menceritakan pengalamannya dalam seminar PT. Mitra Pasifik Solusindo di Favehotel Meeting Room Theater Jalan S. Parman No 313A Medan, Rabu (18/6) lalu.
Usahanya bergerak di bidang pembuatan kaos dan produksi barang-barang garmen seperti kemeja serta semacamnya. Usaha yang dilakoninya sejak tahun 2013 silam, dipasarkan melalui publikasi website. Awalnya, hasil pemasaran produk sepi pelanggan. Namun, sejak jaringan online merajai kehidupan, produk yang dijajakannya ikut menjadi incaran konsumen.
“Kita memang konsentrasi konsentrasi nya itu adalah mempromosikan keberadaan bisnis melalui online dan itu benar-benar efektif sampai hari ini terus saya lakukan,” akunya kepada wartawan.
Dengan pemasaran online, konsumen barang yang dijualnya tidak hanya berasal dari kota Medan saja. Dalam 1 bulan, usaha dengan nama Sablon Medan miliknya itu, bisa memproduksi 10 ribu sampai 15.000 kaos perbulannya. Para konsumen yang memesan juga mermacam, mulai dari perusahaan orang pribadi organisasi sekolah dan lain-lain.
Tentu saja, ada banyak kendala yang dihadapinya. Untuk itu, Yosephina berpesan kepada para pelaku usaha, khususnya pemula, agar sabar dan ulet menjalankan bisnis. Yang terpenting adalah bisnis yang dikelola sesuai keahlian dan tidak sekadar ikut-ikutan.(Gea)