SKM Detektif Monitor
Rosdyana Hutagalung beserta pengurus SKM Detektif Monitor saat di wawancarai para awak media/Foto : Hery Buha Manalu/kopitimes
Kopi Times | Medan :
SKM Detektif Monitor Tetap Eksis memberi warna bagi Dunia Jurnalistik di Sumatera Utara.Rentang perjalanan 13 tahun Surat Kabar Mingguan (SKM) tetap eksis, Detektif Monitor jika dianalogikan kepada usia manusia saat ini sedang memasuki masa remaja. Hadir pada bulan Mei 2010 hingga pada saat ini ditahun 2023 sedang bersolek dengan hadirnya media online Detektif Monitor dengan domain www.detektifmonitor.com.
Kehadiran media online ini semata bukan karena tren latah euforia kebebasan pers melainkan hadir memberikan informasi kepada warga masyarakat akan cepat dan tepatnya sajian sebuah berita dihadapan pembaca.

SKM Detektif Monitor yang mengusung tagline “Suara Keadilan” hadir dengan 16 halaman mengalami pasang surut seperti halnya media cetak yang lainnya, apalagi pada saat Pandemi Covid 19 turun oplah turun drastis per minggu dari 1.500 eksemplar drastis menjadi 700 eksemplar.

Kebijakan pemerintah dalam menerapkan PPKM berimbas pada sirkulasi Surat Kabar ini pada 23 kabupaten/kota di Sumatera Utara, lewat perwakilan dan biro daerah yang selama ini memberikan kontribusi jasa informasi kepada warga masyarakat, Instansi pemerintah dan sipil.

Rumah makan dan warung kopi yang selama ini menjadi pelanggan tetapnya pun sebagian menjadi tidak berlangganan lagi. Namun begitupun, perminggunya media ini tetap terbit dengan mengurangi jumlah oplahnya.

Dipaparkan rahasia yang dipergunakan oleh Redaksi sehingga mampu bertahan, oleh Rosdyana Hutagalung (64 thn) selaku pendiri dan Pemimpin Perusahan menjelaskan, “Kami menerapkan kebijakan kepada setiap Wartawan, Kepala Biro dan Perwakilan Daerah agar memberikan deposit dana untuk terbitnya surat kabar, kalau tidak dikirim depositnya tidak akan kami kirim korannya, jadi mereka sudah deposit dulu, ada yang 3 – 4 juta,”.

Peresmian Kantor Baru

Peresmian Kantor SKM Detektif Monitor, Sabtu, 19 Agustus 2023 merupakan hari bersejarah bagi seluruh awak beserta pengurusnya, tentu memiliki harapan di kantor baru dapat membawa energi dan semangat baru.

Wajah sumringah dan bahagia terpancar dari senyuman Rosdyana Hutagalung saat menyapa hangat para tamu-tamu undangan yang hadir, para rekan jurnalis, organisasi pers, warga masyarakat tetangga kantor surat kabar dan jajaran pemerintahan setempat juga tak luput mendapat undangan.

Para tamu pun selayaknya pada undangan pesta oleh panitia disajikan 2 pilihan minuman, kopi atau teh. Sementara kue-kue basah tradisional disajikan yang selanjutnya dipersilahkan bersantap nasi.

Memasuki ruangan kantor baru SKM Detektif Monitor yang beralamat di Jl. Marindal Pasar VIII Gang Sekolah No. 272 Kel. Harjosari II Kec. Medan Amplas, Kota Medan. Sesaat tamu akan disambut dengan suasana yang nyaman.

Terlihat meja dan kursi biro dengan wallpaper yang asri sementara di ruangan lainnya yang memang sengaja dihilangkan sekatnya agar terkesan lapang bersusun rapi sofa-sofa empuk bernuansa hijau selaras dengan wallpaper dan tirai jendela, ruangan ini kelak akan dipergunakan sebagai ruang rapat.

Dikesempatan yang sama saat wawancara dengan Dewan Pembina SKM Detektif Monitor, Sutarjo Kesuma (61 thn) yang biasa dipanggil Mbah Kesuma mengatakan “Semoga Detektif Monitor dapat berkembang dengan pesat walau banyak kekurangan disana sini akan tetap kita perbaiki,”.

Dipenghujung wawancara Rosdyana berharap ke depannya semoga SKM Detektif Monitor sukses dan berpesan kepada awak media lainnya agar terjalin kerjasama sesama jurnalis serta saling bersinergi dalam menciptakan Pers yang sehat, kemudian Rosdyana juga menambahkan supaya para jurnalis di SKM lebih meningkatkan skill dan selalu menjaga kode etik jurnalis dalam melaksanakan tugasnya. (Red/***tim))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here