Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Yospan, Tarian Khas Papua akan Ditampilkan pada Pelantikan Presiden & Wakil Presiden 2019-2024

Tarian dari Papua
Foto : Ist

Kopi-times.com | desa:
Tarian Yospan dari Papua untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa warga Papua memiliki budaya yang energik sesuai dengan alam dan kondisi tanah di Papua.

Musik dan Tarian Yospan ini mempunyai nilai filosofis yang kuat kerukunan secara bersama. Tarian ini bisa dilakukan 10 orang atau lebih sehingga di situ menunjukkan ada kerukunan, ada persatuan, ada kesatuan, ada kekompakan dan ada rasa memiliki. Tarian Yospan berarti bertujuan dan berharap seluruh masyarakat Indonesia bisa hidup berdampingan dan dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Menyambut upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih masa bakti 2019-2024, Joko Widodo dan KH.Ma’ruf Amin pada 20 Oktober mendatang, ratusan peserta yang tergabung dalam Alumni SMA Jakarta Bersatu  (ASJB), akan menampilkan tarian pergaulan khas Papua, Yosim Pancar (Yospan).

Ketua Umum ASJB Indra Soeharto mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk dukungan dan syukuran, serta ikut serta merayakan pelantikan Presiden terpilih.

“ASJB berkumpul dan menyajikan kegiatan, mewakili salah satu provinsi dengan kekayaan tradisinya. ASJB merupakan organisasi yang awalnya terbentuk untuk mendukung Jokowi-Amin dalam pemilihan presiden lalu, kini melanjutkan dukungan hingga pelantikan Presiden terpilih,” kata Indra dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (15/10) malam.

Dalam persiapan pagelaran itu, telah dilakukan dua kali latihan bersama. Yang terakhir, akhir pekan lalu para penari telah berkumpul dengan berkaos hitam dilengkapi aksesoris Papua. Seluruh peserta dengan penuh semangat, kompak dan gembira mengikuti arahan koreografer, Stanley.

“Ini juga bentuk solidaritas dan empati kami pada saudara kami yang berasal dari Papua. Papua adalah bagian yang tak terpisahkan dari NKRI ini. Semangat kesatuan dan kegembiraan, kita hadirkan di sini, supaya menularkan semangat positif untuk persatuan Indonesia,” ungkap Sekjen ASJB, Dede Radinal.

Penampilan tarian Yospan, merupakan bagian dari dukungan dan rasa syukur anggota ASJB untuk merayakan dan mensyukuri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Pilihan pada tarian yang berasal dari Biak Numfor dan Serui-Waropen ini, dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan rasa empati yang tinggi terhadap tanah Papua, sekaligus turut menanamkan rasa persatuan dan kesatuan NKRI.

ASJB merupakan organisasi yang pada awalnya terbentuk untuk mendukung calon presiden Joko Widodo dan cawapres KH. Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Namun kemudian, atas aspirasi anggota, kegiatannya dilanjutkan hingga pelantikan dan pengawalan kedua pemimpin nasional itu sampai ke akhir masa pemerintahannya di tahun 2024. (Rel/Gus)

Redaksi Kopi Times
Redaksi Kopi Timeshttps://www.kopitimes.id
Situs berita online Kopitimes.id hadir mengabarkan informasi terbaru secara transparan. Menyuguhkan berita dari sudut pandang yang netral oleh jurnalis profesional. Iklan : reklame@kopitimes.id | Redaksi : redaksi@kopitimes.id

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest Articles